View Full Version
Ahad, 05 May 2013

Dauroh di Kota Ambon dari Mulai Tauhid hingga Thibbun Nabawi

AMBON (voa-islam.com) - Berakhirnya medan jihad di Ambon membuat banyak kaum muslimin terlena dan kembali pada keadaan semula yang bergelimang dengan maksiat.

Tempat kemaksiatan menjamur di Ambon, generasi muda Islam tidak sedikit yang tercebur dalam lumpur kemaksiatan. Miras,j udi dan pelacuran menjadi racun yang merusak masyarakat muslim di setiap sudut permukiman Muslim di Ambon.

Di tengah kondisi masyarakat muslim Ambon tersebut sekelompok pemuda muslim yang tergabung dalam "Harakatu Syabab al mujahidin fil Muluk" terus giat melakukan dakwah di tengah masyarakat.

Para pemuda yang sebagian besarnya pernah turun dalam jihad Ambon tersebut selama ini orang-orang yang aktif dalam dakwah dan kegiatan kemanusiaan. Mereka pernah turut aktif melakukan penggalangan dana untuk kaum muslimin Palestina termasuk penggalangan dana untuk membantu keluarga para mujahidin.

Diantara kegiatan dakwah yang dilakukan oleh para pemuda tersebut adalah daurah syar'iyah untuk para pemuda muslim. Daurah yang menitikberatkan pada kajian tauhid tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari dakwah yang selama ini dilakukan di tengah masyarakat.

Dan untuk kedua kalinya pada Sabtu (04/05/2013) Harakatu Syabab al Mujahidin fil Muluk melakukan daurah syar'iyah di Masjid Al Hijrah desa Kate-kate kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon. Daurah yang diikuti oleh peserta dari Kota Ambon, Seram dan Maluku Tengah tersebut berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 4 dan 5 Mei 2013.

Diantara materi yang dikaji dalam daurah tersebut adalah Tauhid, Thibbun Nabawi dan lain-lain. Sejumlah pemateri pun ada yang didatangkan dari luar Ambon, diantaranya dari Solo dan Pulau Seram

Tentang tujuan dari Daurah ini seperti yang dikatakan salah seorang pemateri, ustadz Fajrun, "Merealisasikan amanah dakwah Tauhid wal Jihad dan menyatukan ikhwan-ikhwan yang ada di beberapa tempat di Maluku," ujarnya.

Antusiasme dari peserta Daurah juga nampak dari respon yang diberikan. Salah seorang paserta Daurah yaitu Salman mengatakan,"Alhamdulillah daurah ini menyenangkan karena menyatukan ikhwan-ikhwan dan kita jadi bisa saling mengenal," tuturnya.

Daurah yang dihadiri oleh peserta dari beberapa tempat tersebut berjalan dengan lancar dan rencananya akan berakhir pada hari Ahad (05/05/2013) setelah shalat 'Asar. [AF]


latestnews

View Full Version