View Full Version
Kamis, 30 Jul 2009

Syariat Islam Mencegah Kriminalitas

Jayapura (voa-islam.com) - Sistem kehidupan Islam dinilai mampu mencegah terjadinya tindak kriminalitas. Dari waktu ke waktu, kriminalitas semakin meningkat, baik dari segi kuantitas, kualitas, maupun kompleksitasnya.

“Peningkatan angka kriminalitas semakin memprihatinkan, bahkan bentuknya sudah berada di luar batas kemanusiaan dan akal sehat,” ujar pemerhati masalah sosial dan masyarakat, Lathifah Husna, di Jayapura, akhir pekan lalu.

Mengemukanya tindak kejahatan tersebut antara lain di sebabkan degradasi keimanan dan ketaqwaan terhadap ajaran agama. Ditambah lagi dengan kondisi ekonomi yang kian mendesak serta kelemahan hukum untuk menindak tegas para pelaku kriminalitas.

Mengemukanya tindak kejahatan tersebut antara lain di sebabkan degradasi keimanan dan ketaqwaan terhadap ajaran agama.

Oleh karena itu, lanjutnya, Islam sebagai sistem kehidupan di percaya mampu menyelesaikan masalah kriminalitas ini dengan langkah-langkah preventif yang cukup efektif.

Islam sebagai sistem kehidupan di percaya mampu menyelesaikan masalah kriminalitas ini dengan langkah-langkah preventif yang cukup efektif.

Langkah preventif tersebut adalah meningkatkan pemahaman ajaran agama yang telah melarang setiap individu untuk melakukan tindakan maksiat. “Dalam ajaran agama Islam, jangankan  melakukan kejahatan, mendekatipun sudah di haramkan ,” tegasnya.

Dalam ajaran agama Islam, jangankan  melakukan kejahatan, mendekatipun sudah di haramkan ,”

Jika hal itu tertanam dengan sungguh-sungguh dalam diri setiap individu, kejahatan dalam bentuk apa pun tidak akan dilakukan. (PurWD/voa-islam/rpb)


latestnews

View Full Version