View Full Version
Sabtu, 28 Apr 2018

Banjir Bandang Runtuhkan 'Tembok Apartheid' Israel di Pinggiran Yerusalem

YERUSALEM, PALESTINA (voa-islam.com) - Banjir bandang telah meruntuhkan bagian dari tembok pemisah kontroversial Israel, ketika hujan deras yang mematikan melanda kawasan itu, situs berita Arab48 melaporkan.

Aliran deras air hujan menyebabkan bagian dari penghalang runtuh pada hari Kamis dekat desa al-Hara di-Tahta di pinggiran Yerusalem sehingga membuat senang penduduk setempat.

"Beberapa anak mulai bermain sepak bola karena bahagia. Banyak orang Palestina di media sosial merayakan peristiwa tersebut meskipun hanya sebagian tembok rasis yang jatuh," kata situs web Palestina-Israel sebagaimana dikutip The New Arab Jum'at (27/4/2018).

Sumber-sumber lokal mengatakan air yang terakumulasi mengalir turun dari atas bukit yang menghadap ke dinding, menyebabkannya memberi jalan.

Situs berita itu menerbitkan sebuah video, menunjukkan tingkat kerusakannya.

Palestina telah lama mengatakan bahwa "Tembok Apartheid" telah memaksakan pemisahan rasial dan agama dan telah menciptakan ghetto Arab yang terputus dari layanan dasar.

Tembok itu menembus jauh ke dalam wilayah Palestina, memisahkan komunitas dan mengisolasi mereka dari tanah pertanian mereka.

Israel mulai membangun serangkaian tembok di sekitar Tepi Barat yang diduduki pada 2002, meskipun kecaman internasional meluas. Israel mengklaim bahwa dinding tersebut diperlukan untuk perlindungan mereka.

Dua remaja, seorang badui dan seorang gadis Palestina, tewas ketika banjir menghantam Israel dan wilayah Palestina pada hari Rabu, yang pertama dari tiga hari prakiraan hujan lebat.

Sembilan pemuda Israel juga tewas setelah hanyut oleh banjir di selatan selama perjalanan hiking di dekat Laut Mati. (st/TNA)


latestnews

View Full Version