View Full Version
Ahad, 02 Jun 2019

Pasukan GNA Tembak Jatuh Pesawat ‘Made in UEA‘ di Selatan Tripoli

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Sebuah pesawat tanpa awak "Made in UEA" ditembak jatuh di selatan ibukota Tripoli, kata pemerintah Libya yang diakui PBB di Tripoli pada hari Ahad (2/6/2019) Anadolu melaporkan.

Pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) di halaman Facebook mereka memposting foto drone di mana bendera UEA dan "Made in UEA" tertulis.

Drone melakukan operasi untuk mendukung pasukan yang setia kepada jenderal Khalifa Haftar, pasukan GNA mengatakan.

Menurut laporan media lokal, drone itu jatuh di poros militer Al-Sawani, sekitar 30 kilometer barat daya Tripoli. Haftar dan Abu Dhabi belum mengomentari pernyataan ini.

Pada 4 April, Haftar, yang berafiliasi dengan pemerintah saingan yang berbasis di kota Tobruk Libya timur, meluncurkan kampanye luas untuk merebut Tripoli.

Namun, setelah beberapa pekan berjuang di pinggiran Tripoli, kampanye Haftar sejauh ini gagal mencapai tujuan utamanya.

Namun demikian, pasukan Haftar tetap dikerahkan di beberapa daerah di sekitar ibukota.

Libya tetap dilanda gejolak sejak 2011, ketika pemimpin lama Muammar Khadaffi digulingkan dan tewas dalam pemberontakan yang didukung NATO setelah empat dekade berkuasa.

Negara kaya minyak itu sejak saat itu telah melihat munculnya dua kursi kekuasaan saingan: satu di Libya timur, yang mana Haftar berafiliasi, dan GNA yang berbasis di Tripoli, yang mendapatkan pengakuan PBB. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version