View Full Version
Senin, 07 Sep 2009

Protes Anti Islam di Inggris Berubah Jadi Bentrokan

BIRMINGHAM - Sebuah demonstrasi anti ekstrimis Islam di Birmingham pada hari Sabtu kemarin berubah menjadi kekerasaan saat pengunjuk rasa bentrok dengan para anti demonstrasi.

Masalah tejadi ketika para pemrotes dari Liga Pertahanan Inggris, sebuah kelompok yang meyatakan bertentangan dengan militan Islam di Inggris, bertemu dengan aktivis anti fasis dan kontra demonstran di daerah pusat kota Birmingham.

Cuplikan televisi Sky News menunjukkan polisi membatasi anggota Liga Pertahanan Inggris di dalam pub selama kontra demonstran mengangkat spanduk dan meneriakkan slogan-slogan di dekatnya.

Penyiar mengatakan banyak dari pengunjuk rasa yang di tangkap dan masukkan kedalam truck.

Cuplikan tayangan juga memperlihatkan demonstran keturunan Asia Selatan  yang kontra melemparkan benda-benda, berlari menyusuri jalan dan bentrok dengan polisi.

Polisi mampu memadamkan "kantong-kantong kerusuhan yang dilakukan oleh beberapa kelompok yang terdiri dari 20-30 orang." kata juru bicara kepolisian West Midlands, Detektif.Inspektur Kepala Sue Southern.

Sedikitnya 200 orang terlibat dalam bentrokan, dan polisi telah menahan sedikitnya 90 orang yang terlibat dalam bentrokan tersebut, katanya dalam sebuah pernyataan.

Bentokan antara Liga Pertahanan Inggris yang menentang Militan Islam di Britania dan kelompok anti fasis dan pemuda keturunan Asia Selatan juga pernah terjadi bulan lalu di berbagai kota di Birmingham. (aa/


latestnews

View Full Version