View Full Version
Selasa, 08 Mar 2011

PBB: Satu Juta Rakyat Libya Butuh Pertolongan Mendesak

LIBYA (voa-islam.com) - Lebih dari satu juta orang baik yang melarikan diri dari Libya maupun yang masih tersisa di dalam negeri  membutuhkan bantuan kemanusiaan yang mendesak, PBB mengatakan.

Orang Libya berada dalam situasi bencana yang sangat besar karena mereka terluka, sekarat dan membutuhkan bantuan segera, koordinator bantuan PBB, Valerie Amos, mengatakan saat mengunjungi daerah di sepanjang perbatasan Tunisia - Libya.

"Kebutuhan mendesak di kota Misratah dimana para penduduknya telah diserang oleh pasukan pemerintah di akhir pekan," tambah Amos.

..Orang Libya berada dalam situasi bencana yang sangat besar karena mereka terluka, sekarat dan membutuhkan bantuan segera..

Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, uang sangat diperlukan untuk membantu 400.000 orang yang diperkirakan melarikan diri Libya, termasuk 200.000 yang sudah meninggalkan negara dilanda krisis ini.

"Ini juga akan mencakup 600.000 orang lain di dalam negeri, meskipun angka tersebut hanya mencakup area yang dikendalikan pihak oposisi," tambah pejabat PBB tersebut.

PBB kini mencari $ 160 juta dukungan keuangan yang mendesak untuk membantu pengungsi dan warga negara Libya. Uang itu dijadwalkan akan dihabiskan pada manajemen perkemahan, keamanan pangan, gizi, kesehatan, air, sanitasi dan kebersihan.

PBB sendiri secara efektif tekah keluar dari bagian dikendalikan oleh pasukan yang setia kepada penguasa lama Libya Muammar Kadhafi. (aa/ptv)


latestnews

View Full Version