View Full Version
Selasa, 02 Nov 2010

Prinsip Islam (51): Kewajiban Beramar Ma'ruf dan Nahi Munkar

Kita meyakini bahwa amar ma’ruf dan nahi munkar termasuk bagian dari syiar Islam yang paling agung dan sarana paling ampuh untuk menjaga dien dan memelihara kehormatannya. Kewajiban ini sesuai dengan kemampuan dan tuntutan mashlahat yang lebih besar.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104)

Allah mewajibkan kepada sekelompok umat untuk menekuni ini, walaupun setiap pribadi dari umat ini wajib melaksanakannya sesuai kemampuan.

Allah Ta’ala berfirman,

 كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran: 110)

Ayat ini bersifat umum, mencakup semua umat pada setiap kurun sesuai dengan kemampuannya. Kurun terbaik adalah kurun di mana Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam diutus. Dan dasar kebaikan mereka karena melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar serta beriman kepada Allah. Merekalah umat terbaik. Mereka adalah manusia yang paling bermanfaat bagi menusia yang lain. Mereka mendatangi suatu kaum dengan merantai leher-leher mereka sehingga akhirnya masuk Islam.

Allah mengabarkan bahwa meninggalkan kewajiban ini menyebabkan turunnya laknat melalui lisan para Nabi. Allah Ta’ala berfirman,

لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ

Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israel dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan mungkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.” (QS. Al-Maidah: 78-79)

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam mengabarkan bahwa tugas kewajiban ini sesuai dengan kelapangan dan kemampuan. Beliau bersabda,

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ

Siapa diantara kalian melihat kemungkaran, hendaklah dia mengubahnya (mencegahnya) kengan tangannya (kekuasannya), jika dia tidak sanggup, maka dengan lisannya (menasihatinya), dan jika tidak sanggup juga, maka dengan hatinya(merasa tidak senang dan tidak setuju), dan demikian itu adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam juga menjelaskan bahwa melakukan hisbah (pengingkaran) atas kedzaliman termasuk bentuk loyalitas dan memeranginya atas perintah Allah menjadi pertanda adanya iman. Sedangkan bentuk pengingkaran di bawah itu adalah dengan hati. Dan jika hati tidak mengingkari maka tidak ada keimanan sesudahnya walaupun sekecil biji sawi.

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda,

مَا مِنْ نَبِيٍّ بَعَثَهُ اللَّهُ فِي أُمَّةٍ قَبْلِي إِلَّا كَانَ لَهُ مِنْ أُمَّتِهِ حَوَارِيُّونَ وَأَصْحَابٌ يَأْخُذُونَ بِسُنَّتِهِ وَيَقْتَدُونَ بِأَمْرِهِ ثُمَّ إِنَّهَا تَخْلُفُ مِنْ بَعْدِهِمْ خُلُوفٌ يَقُولُونَ مَا لَا يَفْعَلُونَ وَيَفْعَلُونَ مَا لَا يُؤْمَرُونَ فَمَنْ جَاهَدَهُمْ بِيَدِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَمَنْ جَاهَدَهُمْ بِلِسَانِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَمَنْ جَاهَدَهُمْ بِقَلْبِهِ فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَلَيْسَ وَرَاءَ ذَلِكَ مِنْ الْإِيمَانِ حَبَّةُ خَرْدَلٍ

Tidak seorangpun Nabi sebelumku yang Allah utus kepada suatu umat kecuali dia memiliki hawari (pembela) dan para sahabat yang senantiasa mengikikuti sunnahnya dan melaksanakan perintahnya. Kemudian datang generasi sesudah mereka yang mengatakan apa yang tidak mereka kerjakan dan melaksanakan apa yang tidak diperintahkan. Maka barangsiapa yang memerangi mereka dengan tangannya maka dia seorang mukmin. Siapa yang memerangi mereka dengan lisannya, dia seorang mukmin. Dan barangsiapa yang memerangi mereka dengan hatinya, maka dia seorang mukmin. Dan sesudah itu tidak ada keimanan walau kecekil biji sawi.” (HR. Muslim)

Biasanya, melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar tidak lepas dari gangguan. Karenanya, Allah menasihatkan kesabaran kepada para hamba-Nya dalam mengemban tugas memerintah dan melarang tersebut. Allah Ta’ala mengabarkan tentang nasihat Luqman kepada anaknya,

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)

وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr: 1-3)

Allah memerintahkan untuk saling mensihati dengan kesabaran setelah memerintahkan mereka untuk saling menasihati dengan kebenaran. Hal itu karena “saling menasihati dengan kebenaran” biasanya diikuti dengan bala’ yang menimpa. [PurWD/voa-islam.com]

  • Ditarjamahkan oleh Badrul Tamam dari kitab Maa Laa Yasa’ al-Muslima Jahluhu, DR. Abdullah Al-Mushlih dan DR. Shalah Shawi.

latestnews

View Full Version